Antusias Santri TPA Al-Anwar Menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah warga Palangka Raya sangat antusias dalam menyaksikan dan turut serta meriahkan momen 1 Muharram tersebut dengan mengikuti pawai ta’aruf yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 dengan mengambil Start di  Jl. Ade Irma Suryani Nasution.

Kemeriahan kegiatan pawai taarauf ini mejadi semakin semarak karena melibatkan para pelajar dari semua tingkatan satuan pendidikan, remaja masjid, organisasi kemasyarakatan dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di kota Palangka Raya.

Perhelatan akbar ini diprakarsai oleh Pemerintah Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Palangka Raya.

Iringan peserta membentuk arak-arakan pawai mulai dari peserta berjalan kaki yang mengenakan busana islami serta spanduk maupun slogan menyambut tahun baru Islam sampai peserta dengan berkendara yang penuh dengan hiasan-hiasan bernuansa islami dan tentunya lengkap dengan alunan qasidah dan lantuan shalawat nabi.

Tak mau ketinggalan dalam menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam, Masjid Al-Anwar Perum Bumi Palangka II Palangka Raya juga menurunkan perwakilannya dalam kegiatan tersebut. Peserta yang mengikuti pawai dari Masjid Al-Anwar adalah Remaja Masjid dan TPA Unit 065 Al-Anwar yang langsung dikomandani oleh Kepala TPA Al-Anwar, Ust. Juni Darmawansyah yang akrab dipanggil Ust. Wawan dan didampingi beberapa pengurus PHBI Masjid Al-Anwar.

Keikutsertaan perwakilan dari TPA Al-Anwar akan kita jadikan agenda rutin dalam menyambut dan memeriahkan hari-hari besar Islam terutama dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah, hal ini dimaksudkan untuk memupuk dan membangkitkan semangat meraih takwa untuk mencapai akhlak yang mulia bagi Santri di TPA Al-Anwar ini”, tutur Ust. Wawan.

Alhamdulillah pada kegiatan ini kafilah dari TPA Al-Anwar dinobatkan sebagai Juara Harapan 2 untuk Kategori Pawai Ta’aruf Kelompok Jalan Kaki. Hal ini juga diluar dugaan kami yang tidak memikirkan sama sekali untuk mendapatkan penghargaan sebagai juara, dan ini bisa dijadikan sebagai motivasi bagi santri TPA Al-Anwar agar lebih baik lag kedepannya“, pangkas Ust. Wawan mengakhiri.

Selanjutnya setelah selesai mengikuti kegiatan pawai taaruf ini, Santri dari TPA Al-Anwar juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gebyar Muharram dengan mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan bagi remaja dan anak-anak tingkat pelajar dan umum.

Rombongan pawai mulai bergerak menuju titik finish di Masjid Jami Annur Jl. S. Parman setelah dilepas oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin yang didampingi Wakilnya Umi Mastikah dan sejumlah pejabat terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 9