“Jum’at Berkah” Jamaah Masjid Al-Anwar

Program Jumat Berkah adalah program sedekah berupa pembagian makanan yang diberikan kepada jamaah Masjid Al-Anwar yang digagas oleh Pengurus Masjid Al-Anwar dan mendapatkan dukungan penuh dari Yayasan Al-Anwar dan Majelis Ta’lim Muslimat Masjid Al-Anwar dan seluruh jamaah Masjid Al-Anwar pada umumnya. Program Jum’at Berkah ini di antaranya bertujuan untuk mencari keberkahan di hari Jum’at dengan cara bersedekah, memotivasi sekaligus merangsang anak-anak agar lebih giat dalam melaksanakan ibadah sholat Jum’at, dan menyambung tali silaturahim diantara jamaah Masjid Al-Anwar dan sekitarnya, pelaksanaannyapun dilakukan oleh dan untuk jamaah secara bersama-sama. Selain itu juga bertujuan untuk memotivasi dan menumbuhkan minat gemar bersedekah bagi jamaah.

Sedekah merupakan salah satu bentuk tindakan yang dapat membuat diri sendiri menjadi dekat dengan Allah SWT. Dalam ajaran Islam, hari Jumat merupakan salah satu hari yang istimewa. Oleh karena itu banyak manfaat sedekah Jumat yang bisa didapatkan.

Sedekah di hari Jumat dapat memiliki manfaat yang lebih karena hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki kebaikan serta keistimewaan. Nabi Muhammad SAW juga memberitahukan pada umatnya untuk memperbanyak ibadah pada hari Jumat.

Menumbuhkan minat gemar bersedekah sangatlah penting, karena bagi orang-orang yang melakukan ibadah sedekah di hari Jumat sesungguhnya ia akan mendapatkan doa dari para malaikat Allah SWT. Al-Qur’an juga telah menjelaskan mengenai keutamaan bersedekah di hari Jumat ini. Dalam Surah Al Hadid ayat 18 yang berbunyi :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Melalui kalam tersebut, Allah SWT telah menegaskan bahwa siapapun hamba-Nya baik laki-laki maupun perempuan yang melakukan sedekah maka pahalanya akan berlipat ganda.

Kegiatan Jumat Berkah yang dikelola dan dilaksanakan oleh Majelis Ta’lim Muslimah Masjid Al-Anwar sudah dimulai sejak bulan September 2022 lalu dan dilakukan setiap hari Jumat dengan membagikan sedekah berupa makanan kepada jamaah Sholat Jumat di Masjid Al-Anwar.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari hasil celengan yang di edarkan setiap Jumat pada saat pengajian yasinan rutin Majelis Ta’lim Muslimat Masjid Al-Anwar, selain itu juga dari para dermawan yang berkenan menyisihkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan baik dalam bentuk bahan mentah, makanan jadi maupun berbentuk uang.

Semoga kegiatan Jum’at berkah di Masjid Al-Anwar ini dapat kita lakukan bersama-sama secara istiqomah sehingga bisa menjadi ladang pahala bagi semua jamaah Masjid Al-Anwar, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =