Majelis Ta'lim · 29-03-2021 0

Kegiatan Rutin di Malam Nisfu Sya’ban 1442 H

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan dalam tatanan bulan komariah yang berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Sya’ban adalah salah satu bulan yang istimewa bagi sebagian besar umat Islam, sebab pada bulan ini diyakini amalan manusia diangkat kepada Allah SWT.

Kedatangan bulan Sya’ban bagi sebagian kalangan umat Islam selalu dijadikan sebagai sebuah moment untuk diisi dengan memperbanyak amalan-amalan kebaikan mulai dari puasa, bersilaturahmi, mengunjungi para guru dan kiyai hingga melakukan shalat Nisfu Sya’ban di pertengahan tanggal malam bulan tersebut. Tentunya ini dilakukan bukan tanpa sebab atau mengada-ada saja tetapi bulan Sya’ban diyakini sebagai salah satu bulan mulia yang menyimpan berbagai rahasia besar, sebagaimana dijelaskan dalam beberapa keterangan hadits dan pendapat para ulama dalam kitab-kitabnya.

Terlebih lagi ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, sejak dahulu bahwa pada malam tersebut dijadikan sebagai malam untuk melakukan banyak amalan dan salah satunya adalah melakukan Sholat Sunnah meskipun mengenai ini ada terjadi perbedaan pendapat  di kalangan para ulama.

Sumber Gambar https://banjarmasin.tribunnews.com/

Tak mau menyia-nyiakan moment yang sangat berharga dalam meraih limpahan pahala dari Allah SWT, jamaah Masjid Al-Anwar pada hari Ahad tanggal 28 Maret 2021 yang bertepatan dengan tanggal 15 Sya’ban 1442 H bersama-sama melaksanakan amalan di malam Nisfu Sya’ban tersebut dengan melakaukan Sholat Magrib dan Sholat Isya berjamaah di Masjid.

Setelah Sholat Magrib dilanjutkan dengan melaksanakan amalan Sholat Sunnah Hajat dan membaca Surah Yasin 3 (tiga) kali, dimana pembacaan Surah Yasin pertama diniatkan supaya dipanjangkan umur dan dalam ketaatan kepada Allah SWT, yang kedua diniatkan agar diberikan rezeki yang banyak, halal dan barokah baik rezeki lahir maupun rezeki batin, sedangkan pembacaan Surah Yasin yang ketiga diniatkan semoga semua kaum muslimin dan jamaah Al-Anwar khususnya diakhiri hidupnya dengan Husnul Khotimah.

Selanjutnya ba’da Sholat Isya dilanjutkan lagi dengan membaca Surah Yasin yang pahalanya dihadiahkan untuk para orang tua dan keluarga yang sudah lebih dulu menghadap sang khaliq.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tiba waktu Sholat Magrib tersebut dipimpin langsung oleh Ustadz Juni Darmawansyah dan dihadiri oleh sebagian besar pengurus Masjid Al-Anwar.

Lebih lanjut Ustadz Juni Darmawansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya dalam memohon pertolongan Allah SWT agar masyarakat Indonesia pada umumnya bisa segera terbebas dari wabah Covid-19. Jadi tidak hanya usaha dengan menerapkan protokol kesehatan saja namun juga kita berusaha berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia terutama jamaah Masjid Al-Anwar dan Warga kota Palangka Raya dapat kembali seperti semula sebelum adanya wabah Covid-19 ini.