PHBI Al-Anwar · 13-04-2021 0

Kegiatan Takmir Ramadhan 1442 H Masjid Al-Anwar

Sidang isbat penentuan Awal Ramadhan Tahun 1442 H digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada hari Senin 13 April 2021. Sidang isbat tahun ini dilaksanakan secara fisik dengan peserta terbatas, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan undangan lainnya mengikuti sidang isbat secara online.

Seperti biasanya sidang isbat ini dipimpin langsung oleh Menteri Agama  Yaqut Cholil Qoumas, dihadiri oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

“Keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion disepakati dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021 Selasa besok pagi. Jadi malam ini sudah bisa melakukan salat Tarawih, nanti kita sahur. Setelah Subuh kita mulai menjalankan ibadah puasa,” kata Yaqut.

Pengumuman putusan sidang isbat penentuan awal Ramadhan tersebut disambut gembira oleh seluruh umat muslim di Indonesia yang menandakan  dimulainya bulan penuh maghfirah bagi umat Islam. Tak terkecuali bagi jamaah Masjid Al-Anwar Perum Bumi Palangka II Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Hal ini juga telah didukung oleh pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palangka Raya dengan Surat Edaran DMI Nomor 25-B/PD-DMI/KPR/IV/2021 tentang Ibadah Ramadhan di Masjid dan Mushala pada masa pandemi wabah Covid-19 tahun 2021. Dalam edaran tersebut dituangkan bahwa kegiatan amaliah seperti Buka Puasa Bersama, Shalat Tarawih di Masjid dan Mushala serta ibadah-ibadah lainnya boleh dilakukan di masjid dan mushala namun wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan mengajurkan jamaahnya adalah warga sekitar masjid dan mushala saja, bukan warga yang berasal dari luar lingkungan masjidnya.

Pelaksanaan Shalat Tarawih Jamaah Masjid Al-Anwar di awali dengan penyampaian informasi-informasi dari panitia takmir Ramadhan yang disampaikan langsung oleh Bapak H. Syahrani, S.Ag., Ketua Pengurus Masjid Al-Anwar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan takmir Ramadhan di Masjid Al-Anwar agar tetap mengikuti anjuran dari Ulil Amri yaitu menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama bagi jamaah. Pada kesempatan tersebut juga diinformasikan bahwa pembangunan Masjid Al-Anwar saat ini masih dalam tahap penyelesaian yang Insya Allah pada Hari Rabu, 14 April 2021 akan dimulai lagi pekerjaan penyelesaian bangunan yaitu memasang keramik lantai pada ruang samping kiri dan kanan tempat imam. Syahrani juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua jamaah khususnya yang telah menyisihkan rezekinya untuk disumbangkan pada pembangunan masjid, beliau juga sangat optimis para jamaah akan lebih termotivasi lagi dalam menyalurkan sebagian rezekinya untuk penyelesaian pembangunan Masjid ini, terlebih lagi pada saat bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah dan telah dijanjikan akan dilipat gandakan semua amal kebaikan dari seorang hamba.

Kegiatan shalat tarawih seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan sebanyak 8 (delapan) rakaat tarawih ditambah 3 (tiga) rakaat shalat witir. Pada hari pertama ini Shalat tarawih dipimpin oleh Ustadz Sumardi sebagai Imamnya, sedangkan yang bertugas sebagai bilal adalah remaja masjid Al-Anwar secara bergantian sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Sebelum dimulai shalat tarawih, terlebih dahulu disampaikan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) yang disampaikan oleh para Ustadz yang ada di Masjid Al-Anwar sebagai salah satu bentuk saling mengingatkan kepada kebaikan bagi seluruh jamaahnya.

Setelah selesai Shalat Tarawih berjamaah dilanjutkan lagi dengan kegiatan Tadarus Al-Qur’an sebagai bentuk mentadaburi Kitab Suci tuntunan bagi Umat Islam, tadarus Al-Qur’an dilaksanakan oleh jamaah masjid terutama para remaja masjid dan anak-anak TPA Unit 065 Al-Anwar serta anggota majelis ta’lim yang ada di Masjid Al-Anwar.

Kuliah Subuh yang merupakan salah satu kegiatan amaliah di bulan suci Ramadhan juga dilaksanakan dengan tema-tema yang memberikan semangat kepada jamaah untuk memakmurkan masjid terlebih pada bulan Ramadhan.

Yang tak kalah meriahnya adalah kegiatan Buka Puasa Bersama yang dihadiri oleh jamaah dengan antusias terlebih lagi para remaja dan anak-anak TPA yang merupakan generasi penerus dakwah di lingkungan masjid Al-Anwar.