Pelatihan Penyelenggaraan Fardhu Kifayah Wanita Islam Kecamatan Jekan Raya – Masjid Al Anwar

Saat ini sering dijumpai untuk pengurusan jenazah banyak Masjid dan Rukun Kematian Muslim (RKM) Masjid yang kesulitan jika melaksanakan penyelenggaraan fardhu kifayah khususnya untuk pengurusan jenazah perempuan. Hal ini dikarenakan petugas pengurusan jenazah sudah banyak yang berusia lanjut. Mengingat hal tersebut, maka diperlukan adanya regenerasi atau kaderisasi untuk hal tersebut.

Berkenaan dengan permasalahan itulah Organisasi Wanita Islam (WI) Kecamatan Jekan Raya bekerja sama dengan masjid Al Anwar melaksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Fardhu Kifayah (Memandikan dan Mengkafani Jenazah khusus muslimah) sekaligus sebagai pelaksanaan program kerja organisasi dengan tujuan:

  • Terlaksananya Program Kerja Organisasi Wanita Islam Kecamatan Jekan Raya
  • Terwujudnya kader untuk pengurusan jenazah muslimah di masing masing masjid di wilayah, khususnya di Kecamatan Jekan Raya.
  • Memberikan bimbingan teknis untuk meningkatkan pemahaman agama Islam terutama di bidang fardhu kifayah.
  • Upaya pembinaan jamaah agar memiliki akhlakul karimah.
  • Membantu penyiapan penyediaan tenaga siap pakai untuk pengurusan jenazah muslimah masing-masing masjid di wilayah Kecamatan Jekan Raya.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali di tahun 2023 dengan pelaksanaan secara bertahap. Untuk kegiatan tahap I (Pertama) dilaksanakan pada tanggal 6-7 Februari 2023. Pengurus cabang wanita Islam Kecamatan Jekan Raya menetapkan tempat pelaksanaan di masjid Al Anwar Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka  Raya.

Narasumber atau pelatih yang direkomendasikan oleh pengurus Masjid Al-Anwar adalah Ust. M. Abdul Nasir, sedangkan Panitia Pelaksananya berasal dari Pengurus Cabang Wanita Islam Kecamatan Jekan Raya yang dipimpin oleh Ibu Wita Rakhmawati, S.T. dan Ibu Siti Rokhimah beserta bidang Dakwah Ibu Esti Dewi, Ibu Endah Reza dan anggota lainnya.

Tahap I (Pertama) pelatihan ini diikuti oleh peserta dari 12 (dua belas) masjid dengan melibatkan 3 (tiga) orang utusan masing-masing masjid, Anggota  pengajian WI Kecamatan Jekan Raya, Pengurus WI Kota Palangka Raya,  Pengurus Ranting WI Kelurahan Bukit Tunggal dan Pengurus Masjid yang jumlah keseluruhannya sebanyak 55 orang peserta.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam 2 (dua) hari dipandu oleh Ust. M. Abdul Nasir dari Masjid Al Anwar diawali pada hari pertama dengan materi berupa teori tentang penyelenggaraan fardhu kifayah dan hari keduanya dilaksanakan praktik penyelenggaraan fardhu kifayah, mulai dari menyiapkan keperluan untuk memandikan jenazah, memotong kain kafan, memandikan jenazah sampai dengan mengkafani jenazah beserta bacaan-bacaan saat melaksanakan penyelenggaraan fardhu kifayah tersebut.

Para peserta menyatakan bahwa sangat senang mengikuti kegiatan seperti ini. Selain bersilahturahim,  menambah ilmu dan hasilnya Insya Allah dapat dilaksanakkan di masjid masing-masing.  Salah satu peserta Leni Widia Astuti utusan Masjid Al Musafirin  Jl. Hiu Putih, mengatakan bahwa sangat senang dan berterima kasih kepada Pengurus WI Kecamatan Jekan Raya telah mengadakan kegiatan pelatihan fardhu kifayah ini yang tentu sangat bermanfaat baik bagi dirinya pribadi dan mudahan dapat dilaksanakan di lingkungan tempat tinggalnya. Hal senada jua disampaikan oleh beberapa peserta lainnya diantaranya Ibu Halimah dari Masjid Al Hikmah, Ibu Siti Hasanah dari Masjid Shilahul Mu’minin, Lailatun dari Masjid Al Azhar dan Ibu Atrawati dari Masjid Darunnajah.

Dalam kesempatan ini Ketua Pengurus Cabang WI Kecamatan Jekan Wita Rakhmawati, S.T. didampingi Sekretraris Siti Rokhimah dan Ketua WI Kota Palangka Raya Sumaryani, menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan dengan target seluruh anggota pengajian WI Kecamatan Jekan Raya mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan ini, sehingga masalah di masjid masjid untuk penyelenggaraan fardhu kifayah muslimah dapat ditangani. Tentu dengan kader yang ada di masing masing masjid mudahan dapat membantu warga atau umat muslim yang sedang berduka. Beliau mengatakan agar setiap pengajian di bawah naungan WI Kecamatan Jekan Raya dapat aktif dalam kegiatan WI Kecamatan Jekan Raya lainnya. Kegiatan serupa akan dilaksanakan kembali setiap 3 bulan. Untuk peserta yang telah mengikuti pelatihan ini diberikan apresiasi berupa sertifikat yang dapat dilaporkan dengan Pengurus  RKM masjidnya masing-masing.

Pengurus Cabang Wanita Islam Jekan Raya juga akan membuat grup whatsapp yang anggotanya adalah para peserta pelatihan penyelenggaraan fadhu kifayah khusus muslimah wilayah Kecamatan Jekan Raya, yang siap membantu bilamana ada warga muslim yang memerlukan tenaga dalam penyeleggaraan jenazah muslimah. Jadi peserta pelatihan ini nantinya dapat ikut berpartipasi  dan menerapkan hasil pelatihan yang didapatkan dimana saja. Bukan terbatas di wilayah masjid atau pengajiannya sendiri saja,  demikian ujar Wita di amini oleh Siti Rokhimah.

Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus Masjid Al Anwar yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga nantinya terus berkelanjutan dengan kegiatan serupa bahkan kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa dikolaborasikan bersama. Wita juga berharap bahwa Masjid Al Anwar bersedia untuk menjadi Pusat Kegiatan WI Jekan Raya bila dijinkan, ujarnya.

Secara terpisah Ketua Pengurus Masjid Al Anwar, Juni Darmawansyah menyampaikan dukungan dan atensi yang setinggi-tingginya atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Organisasi Wanita Islam Jekan Raya tersebut, dan menyatakan kesediaan bahwa Masjid  Al Anwar akan selalu siap memfasilitasi kegiatan yang bermanfaat untuk umat. Apapun kegiatannya selama itu hal yang positif dan bermanfaat Insya Allah kita siap, pungkasnya.

(Informasi tersebut dapat didownload DISINI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 84 = 87