Masjid Al-Anwar Majelis Ta'lim Pengukuhan Pengurus Majelis Ta’lim Muslimah Masjid Al-Anwar

Pengukuhan Pengurus Majelis Ta’lim Muslimah Masjid Al-Anwar

Pengukuhan Pengurus Majelis Ta’lim Muslimah Masjid Al-Anwar post thumbnail image

Majelis taklim adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang memiliki kurikulum tersendiri, dan mempunyai banyak jamaah serta diselenggarakan secara berkala dan teratur. Majelis taklim sebagai lembaga pendidikan tertua dan berkesinambungan dengan pendidikan yang telah dilaksanakan umat Islam sejak zaman Rasulullah SAW.

Majelis taklim sebagai wadah untuk menuntut ilmu, tumbuh dan berkembang didasarkan pada asas kekeluargaan untuk memenuhi kebutuhan beragama bagi jamaahnya sehingga majelis taklim dapat tumbuh dengan pesat.

Penyerahan SK Pengurus Majelis Ta’lim Muslimah Al-Anwar

Pada umumnya majelis ta’lim bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan amalan keagamaan setiap jamaahnya sebagai pribadi muslim sekaligus meningkatkan keseimbangan antara iman dan takwa.

Peran pengurus sebuah lembaga sangatlah penting dalam memajukan lembaga tersebut, begitu juga dengan majelis ta’lim yang diartikan sebagai tempat atau lembaga pendidikan, dan kegiatan belajar mengajar (khususnya bagi kaum muslimah) dalam mempelajari, mendalami, dan memahami ilmu pengetahuan tentang agama Islam dan sebagai wadah mereka dalam melaksanakan berbagai kegiatan kemaslahatan kepada jamaahnya juga perlu dikembangkan.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada hari Jum’at tanggal 17 Juni 2022 yang lalu Majelis Ta’lim Muslimah Masjid Al-Anwar telah dikukuhkan keberadaannya oleh Pengurus Masjid Al-Anwar berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Masjid Al-Anwar Nomor 01/PMA/KEP/VI/2022 Tanggal 02 Juni 2022.

Pengukuhan tersebut dilakukan guna memberikan kekuatan hukum bagi kepengurusan majelis ta’lim tersebut sebagai penyegaran kepengurusan periode sebelumnya yang sudah berakhir masa kepengurusannya.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Masjid Al-Anwar, Bapak Ust. Juni Darmawansyah menyampaikan bahwa kepengurusan majelis ta’lim muslimah ini dibentuk selain untuk penyegaran kepengurusan juga diharapkan dapat mensinergikan program majelis ta’lim muslimah dengan program pengurus masjid bersama-sama memakmurkan masjid sehingga kegiatan-kegiatan pendidikan dan dakwah yang dilakukan semakin banyak yang hadir.

Anggota Majelis Ta’lim Muslimah Al-Anwar

Terkait hal tersebut, dalam pengukuhan ini langsung diadakan sosialisasi program-program utama dari pengurus masjid yaitu :

  • Program Pendataan Jamaah Masjid
  • Program Subuh Berkah
  • Program Kunjungan keluarga dhu’afa
  • Program Pengajian Lima Pilar Kemasjidan

Kegiatan pengukuhan tersebut diakhiri dengan membacakan Surat Keputusan Ketua Pengurus Masjid Al-Anwar tentang Susunan Kepengurusan Majelis Muslimah Masjid Al-Anwar Periode 2022 – 2027 yang susunannya terdiri dari :

1KetuaHj. Halidah 
2Wakil KetuaWita Rakhmawati, S.T. 
3SekretarisElia Rosida, S.Pd. 
4Wakil SekretarisSulikah 
5BendaharaWiwin Jumarsitoh 
6Wakil BendaharaSidalia 
7Koordinator PHBIHeriyani 
8Seksi-Seksi  
 Seksi DakwahRina Syahrani, S.Ad.Koordinator
  Fauziah, S.Pd.Anggota
 Seksi Usaha DanaListyowatiKoordinator
  Nabila ErlinaAnggota
  Mama RiskyAnggota
  IslamiyahAnggota
 Seksi KonsumsiAgustina FerawatiKoordinator
  Ninik AndayaniAnggota
  Emi SudarmiAnggota
  Siti RomlahAnggota
  RusminiAnggota
  Siti MaryamAnggota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post