Masjid Al-Anwar PHBI Al-Anwar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H post thumbnail image

Masjid Al Anwar, (Ahad, 23 Juli 2023) di halaman Masjid Al Anwar Komplek Bumi Palangka II Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya telah dilaksanakan kegiatan Jalan Sehat Warga jama’ah dan warga komplek Bumi Palangka II. Kegiatan jalan sehat ini adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 M. Sebelum nya telah dilaksanakan pula pada malam tahun baru tersebut kegiatan Shalat hajat berjama’ah, pembacaan surah Yasiin, Do’a awal tahun yang di pimpin oleh Kaum Masjid Ust. M. Abdul Nasir. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan khatimul qur’an oleh ikatan remaja masjid Al Anwar dan di tutup dengan do’a khatam Al Qur’an oleh Ust. Juni Darmawansyah sekaligus sebagai pembina remaja pemuda masjid Al Anwar.

Masih pada hari yang sama malam tahun baru juga di meriahkan dengan penampilan anak-anak dari Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Unit 065 Al Anwar dalam malam pentas kreasi tahun baru Islam 1445 H. Acara tersebut di buka oleh Ketua Yayasan Al Anwar Bapak Sudiro, SPd., MM yang dalam sambutannya beliau berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan pada masa yang akan dating. Beliau juga menyampaikan agar bersama-sama memberikan pendidikan agama kepada anak-anak, agar menjadi generasi yang Islami. Dan para remaja agar menjadi pelopor daripada tindakan nahi munkar, dengan menjauhi pergaulan yang bersifat menjurus pada maksiat dan kemudharatan. Terakhir harapannya adalah agar jama’ah Masjid Al Anwar selalu bersatu dan semangat dalam membangun semua kegiatan kemasjidan, diwujudkan dimulai dari keluarga yang Islami, yang sakinah mawaddah warahmah.

Tampil pada pentas kreasi malam tahun baru tersebut anak anak TPA Al Anwar yang membawakan syair-syair Islami seperti Anak Sholeh, Sepuluh Malaikat Allah, Rukun Islam, Nadhom Haji, 20 Sifat Allah, 12 Bulan Islam dan lain-lain. Diiringi tabuhan rebana oleh remaja masjid Al Anwar semakin membuat semangat jama’ah yang hadir. Selain itu adapula persembahan pembacaan puisi. Di akhir acara pentas tersebut seluruh jama’ah, anak-anak, remaja, ibu-ibu dan lainnya diberikan hadiah berupa bingkisan dari panitia malam tahun baru Islam 1445 H.

Pada hari berikutnya tepatnya Ahad, 23 Juli 2023 kemeriahan tahun baru Islam di Masjid Al Anwar dilanjutkan dengan jalan sehat warga. Dilepas oleh Ketua Yayasan Al Anwar Bapak Sudiro, SPd., MM, ratusan warga dan jama’ah Masjid Al Anwar antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dengan mengambil rute sepanjang kurang lebih 2 km lebih dari halaman Masjid Jalan Manyar III, Jalan Manyar Raya, jalan Cilik Riwut, Jalan Danau Mare Komplek Intan Kurung, Jalan Pinguin I, Jalan Pinguin IX dan finish kembali di halaman Masjid. Jama’ah tampak semangat mulai start sampai finish mengikuti dengan gembira sambil saling berinteraksi sekaligus bersilaturahmi antar sesama jama’ah. Peserta jalan sehat ini terdiri dari anak-anak, remaja, bapak dan ibu, serta adapula warga komplek Bumi Palangka II yang non muslim juga turut berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat tersebut.

Di akhir jalan sehat warga ini dibagikan pula doorprize berupa hadiah dan bingkisan. Berbagai macam hadiah dan bingkisan disiapkan oleh panitia. Setidaknya ada 69 bingkisan yang dibagikan, terdiri dari bahan sembako dan peralatan rumah tangga seperti, beras, minyak, gula, kopi, teh, peralatan dapur, kipas angin, sapu, keset, perabotan memasak dan sebagainya.

Anis, salah satu peserta yang mendapatkan hadiah mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini. Apalagi dapat hadiah yang bisa digunakan untuk keperluan sehari hari. Hal serupa juga disampaikan oleh beberapa jama’ah lainnya, Supian yang mendapatkan hadiah berupa bingkisan sembako dan juga sapu beserta kesetnya.

Sebagai pemandu acara dalam kegiatan yaitu Bapak Hamid Rusli, beliau berharap kiranya kegiatan ini dapat ditingkatkan dan diteruskan pada tahun-tahun yang akan datang, dan semoga sponsor dan donaturnya semakin banyak. Kemeriahan rangkaian kegiatan tahun baru Islam 1445 H di Masjid Al Anwar akan diakhiri dan di tutup dengan kegiatan penyantunan anak yatim pada tanggal 28 Juli 2023 dan pembuatan Bubur Asyura secara massal pada tanggal 29 Juli 2023 yang akan dibagikan kepada seluruh jama’ah dan warga komplek Bumi Palangka II Kota Palangka Raya. (wwn-spn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post