Masjid Al-Anwar Infaq Anda Teknologi QRIS Salah Satu Model Penyaluran Infaq di Masjid Al-Anwar

Teknologi QRIS Salah Satu Model Penyaluran Infaq di Masjid Al-Anwar

Teknologi QRIS Salah Satu Model Penyaluran Infaq di Masjid Al-Anwar post thumbnail image

Pembayaran zakat infaq, sodaqoh (ZIS) ke masjid Al-Anwar kini semakin mudah. Jamaah bisa menyalurkan donasinya melalui Quick Response Code Indonesian Standard atau sering dikenal dengan QRIS. Pembayaran ZIS akan langsung masuk ke rekening masjid Al-Anwar selaku pengelola.

QR Code ini mulai dikenalkan kantor Bank Indonesia perwakilan Palangka Raya kepada pengurus masjid di wilayah Kota Palangka Raya, termasuk di masjid Al-Anwar Perum Bumi Palangka II Kota Palangka Raya.

Menurut narasumber perwakilan dari Bank Indonesia Palangka Raya pada kegiatan Menajemen Masjid beberapa waktu lalu mengungkapkan, bahwa dengan QRIS penyaluran infaq, sodaqoh melalui ke masjid-masjid, akan lebih mudah dan lebih praktis. Jika dulu, jamaah membayar tunai yang kemudian dikumpulkan takmir atau pengurus masjid dan selanjutnya disetorkan ke bank. Saat ini dengan QRIS, tinggal scan QR Code melalui aplikasi m-Banking atau melalui dompet non tunai yang dimiliki oleh jamaah maka donasi yang diberikan jamaah akan langsung masuk ke rekening milik masjid. Dompet non tunai yang bisa digunakan semuanya kompatibel seperti Go Pay, OVO, Link Aja, Shopee Pay dan banyak lagi yang lainnya.

Ust. Juni Darmawansyah sebagai Ketua Pengurus Masjid Al-Anwar berharap, dengan sistem pembayaran non tunai ini bisa meningkatkan keinginan jamaah dalam bersodaqah, karena orang lain tidak mengetahui jika jamaah telah menginfaqkan sebagian rezekinya langsung ke rekening masjid. Namun demikian jika jamaah yang menyalurkan zakatnya (baik zakat mall maupun zakat fitrah) melalui QRIS dimohon untuk segera menyampaikan kepada pengurus masjid, hal ini dikarenakan pengelolaan zakat terutama zakah fitrah berbeda dengan pengelolaan dana yang berasal selain dari zakat.

Selain itu penerapan QRIS di masjid Al-Anwar, tentunya dapat mengurangi beban tanggung jawab pengurus (bendahara masjid) yang selama ini, telah meluangkan waktunya mengumpulkan dan menghitung hasil infaq, sodaqoh jamaah dari semua kotak amal milik masjid Al-Anwar yang kemudian disetorkan ke rekening bank.

Di sisi lain dengan penerapan QRIS maka transparan dari Infaq, sodaqoh maupun zakat yang diberikan jamaah akan lebih mudah dikelola karena setiap transaksi akan ada notifikasi yang masuk melalui nomor kontak pengurus masjid.

Bagi jamaah dimanapun berada akan tetap bisa menyalurkan sebagian rezekinya ke masjid Al-Anwar dengan aman dan nyaman mengingat Bank Indonesia sendiri sejak 1 Januari 2019 telah menetapkan legalitas penggunaan QRIS dalam setiap transaksi non tunai. Melalui perkembangan teknologi informatika semakin memberikan kemudahan bagi jamaah sehingga jika sedang tidak membawa uang, masih bisa menyalurkan infaq ataupun sodaqohnya. Semoga dengan kemudahan dalam berinfaq ini akan menjadikan kita semua sebagai pribadi-pribadi yang gemar membelanjakan harta di jalan Allah, Aamiin.

Berikut adalah QRIS Masjid Al-Anwar, Silahkan bagi Pengunjung yang akan menginfaqkan sebagian rezekinya ke Masjid Al-Anwar dapat langsung diberikan melalui scan kode QRIS berikut, terima kasih.

Please Scan Me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post